Profil Dan Biodata Juan Mata

Juan Mata


Nama Lengkap : Juan Manuel Mata Garcia
Tempat Lahir : Burgos, Spanyol
Tanggal Lahir : 28 April 1988
Kebangsaan : Spanyol
Posisi : Gelandang
Bermain di Klub : Chelsea








Karir di Chelsea

Mata menjadi pemain Spanyol ketiga yang bergabung dengan Chelsea pada2011, menyusul rekan satu timnya dan sesama pemenang Piala Dunia, Fernando Torres dan Oriol Romeu, yang tiba dari Barcelona pada awal Agustus 2011.
Beroperasi di sayap kiri, serta dapat bermain di tengah, ia menjadi pesepakbola yang cepat beradaptasi dengan gaya sepakbola Inggris. Antisipasi kepindahan Yossi Benayoun yang akhirnya dipinjamkan ke Arsenal, membuatnya memakai kaos bernomor punggung favoritnya, 10.
Ia terlihat sangat menikmati pertandingan pada debutnya, masuk sebagai pemain pengganti kontra Norwich City dan memenangkan pertandingan dengan skor 3-1 pada 27 Agustus 2011.
Penampilan positifnya secara konsisten mampu dimunculkan selama musim pertamanya di Inggris, dengan 11 gol tercipta hingga akhir Maret, termasuk gol krusial di Naples, penalti kemenangan atas QPR di Piala FA, dan tendangan voli hebat melawan Manchester United pada awal Februari.

Ia kemudian semakin sering beroperasi di tengah di belakang striker utama, dan membuatnya menjadi kian penting bagi Chelsea. Ia bahkan hanya absen di satu pertandingan sejak akhir Desember.
Ia menjadi bintang di final Piala FA melawan Liverpool, menjadi kreator gol pembuka Ramires, dan meski ia gagal saat mengeksekusi penalti di final Liga Champions, ia mengakhiri musim pertamanya di Inggris dengan dua medali dan sebuah gelar Pemain Terbaik Tahun Ini. Setelah bermain di beberapa laga awal musim 2012/13, Mata diberikan waktu istirahat selama dua pekan oleh Roberto Di Matteo karena sudah mengikuti Kejuaraan Eropa dan Olimpiade London, dan itu merupakan keputusan yang tepat karena dia tampil menawan ketika kembali dari masa istirahat.
Setelah memberikan assist Ashley Cole yang mencetak gol kemenangan melawan Stoke City, Mata sukses mencetak empat gol di tiga pertandingan melawan Wolverhampton Wanderers, Arsenal dan FC Nordsjaelland.
 
Sebelum di Chelsea
Mata adalah putra dari mantan pemain profesional, Juan, yang bermain di Burgos dan Salamanca. Juan Jr memulai karirnya di akademi sepakbola terkenal, Real Madrid sebagai striker, namun pindah ke Valencia pada musim panas 2007.
Di musim pertamanya ia bermain sebagai sayap, dan merumpu tdi Stamford Bridge sebagai pemain pengganti di Liga Champions. Pada akhir musim, ia mencetak gol di final Copa Del Rey, dan terpilih sebagai pemain muda berbakat tahun itu.
Setelah empat tahun merumput di Mestalla, ia mengoleksi 43 gol dari 179 kali tampil, Mata berbicara dengan Andre Villas Boas dan yakin Stamford Bridge adalah tempat yang tepat untuk berlabuh meskipun banyak klub yang berminat untuk meminangnya.
 
Debut Internasional:
Juan menjadi bagian dari skuad timnas Spanyol saat menjuarai Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, setelah melakukan debutnya pada 2009. Ia dipersiapkan sebagai pemain pengganti bagi Fernando Torres selama turnamen. Pada saat bergabung dengan Chelsea, iat elah melakoni 12 kali penampilan bersama timnas  senior, dan  berpengalaman di timnas U21, dan turut andil membawa Spanyol menjadi jawara di Kejuaraan Eropa tahun 2011.
Mata terpilih untuk mengikuti Euro 2012, dan dia bermain sekali yaitu di babak final dan dia menyelesaikan turnamen dengan sempurna ketika mencetak gol keempat Spanyol usai menerima umpan Fernando Torres dan Spanyol menang 4-0 atas Italia.
Mata juga ikut dalam skuat Spanyol untuk Olimpiade London 2013, meski itu salah satu turnamen yang akan dilupakannya karena Spanyol harus tersingkir di babak grup.

Komentar

Postingan Populer