Rangkuman Cara Pasang Harddisk di PS2 Fat/Slim

Pada postingan ini Saya cuma sekedar mengulangi kembali semua yang pernah saya tulis di blog ini tentang cara pasang harddisk di PS2 tebal mulai dari awal sampai bisa PS2-nya dimainkan menggunakan harddisk.

Pikir Lama baru ketik-ketik lagi, bingung mau mulai dari mana Whew
Minum Kopi dulu ach, refresh otak  dulu  WkwkwkwkWkwkwkwkWkwkwkwk

Tulisan ini juga sekaligus menjawab pertanyaan yang dominan masuk di email satriogame tentang permasalahan penggunaan harddisk di PS2 yang sebenarnya dan Saya rasa sudah lengkap dibahas diblog ini dan sangat berharap tidak ada lagi yang bertanya atau bingung lagi soal pemasangan dan penggunaan harddisk di PS2.

Kepingin dan Berharap Habis Lihat Blog ini, Semuanya Sudah Bisa dan Mengerti Cara Pasang Harddisk di PS2
Tapi ternyata masih ada juga yang masih bingung, padahal sebenarnya jawaban permasalahannya sudah lama saya tulis/upload/posting dengan Ikhlas, Gratis, Bebas Antri Wkwkwkwk di blog ini.

Untuk itu pada postingan ini Saya mencoba merangkum kembali semua tulisan yang berhubungan dengan pemasangan harddisk mulai dari awal sampai Anda tidur hizzz

Okley...mulai reloading...

Sedikit mengenai cara kerja PS2 pake harddisk ini sehingga bisa digunakan untuk main game adalah, PS2 pake harddisk maksudnya disini adalah PS2 yang memainkan sebuah game tidak menggunakan piringan CD/DVD game lagi, tapi semua data-data game-nya diload atau dimainkan langsung dari harddisk yang terpasang atau terhubung di PS2.

Perlengkapan yang perlu kita siapkan sebelum merakit PS2 menggunakan Harddisk sudah pernah saya bahas diblog ini, yang ingin tahu apa saja yang kita perlukan serta cara memasangnya bisa dilihat disini

Dan untuk meload atau memainkan game dari harddisk tidak cukup hanya dengan memasang atau menghubungkan harddisk dengan PS2 saja, tapi kita memerlukan sebuah bantuan software loader untuk meload/membaca data game yang sudah tersimpan di harddisk-nya. Dan sofware loader tersebut kita kenal juga dengan nama file Booting.
File atau software Booting untuk PS2 ini (saat postingan ini saya tulis) yang populer digunakan diantaranya
  • HDLoader.
  • OPL (Open PS2 Loader).<< Rekomendasi
  • HDPro.
  • PS2ESDL
Dan masih banyak lagi file booting yang lain seperti USB Advance, USB Extreme, Toxic os, HD Advance, dan yang lainnya (Sorry sudah lupa namanya Bingung), tapi karena file-file booting tersebut sudah tidak dikembangkan oleh pembuatnya masing-masing, maka file booting tersebut sudah jarang atau sudah tidak ada lagi yang menggunakannya.

Jadi yang berperang atau yang memegang peranan penting dalam main game menggunakan harddisk adalah file-file booting tersebut, Untuk itu salasatu syarat utama agar bisa main game pakai harddisk adalah kita harus bisa menjalankan software-software booting tersebut terlebih dahulu di PS2-nya, dan nanti setelah jalan file-file booting tersebut baru bisa kita memilih game dan selanjutnya memainkan game tersebut dari harddisk-nya.

Okey...

Sebelum kita memulai proses penggunaan harddisk pada PS2, terlebih dahulu kita harus mempunyai satu software penting lagi (hukumnya wajib kli ya buat para utak-atikers PS2 Wkwkwkwk), Dimana software ini harus bisa kita jalankan di PS2 yang akan kita pasangi harddisk, dan software yang saya maksud adalah UlaunchELF (dalam blog ini biasa saya sebut/tulis juga dengan nama ULE, Ulaunch).
UlaunchELF ini adalah fungsinya sama dengan Explore di Windows PC yaitu sebagai software buat manajemen file di PS2 dengan kemampuan seperti Copy, Paste, Rename, dan lain-lain, jadi UlaunchELF ini bukan atau tidak sama fungsinya dengan file" booting yang sudah dijelaskan diatas, dan UlaunchELF ini kita gunakan hanya buat membantu kita dalam proses penggunaan harddisk di PS2 yang artinya setelah PS2 sudah bisa atau sudah berhasil kita mainkan dengan mempergunakan harddisk, maka UlaunchELF tidak kita butuhkan lagi dipenggunaan PS2 harddisk tersebut selanjutnya.
Jika teman-teman sudah bisa menjalankan UlaunchELF pada PS2 yang akan dipasangi harddisk, maka lewati dan lanjutkan baca tulisan dibawah ini, tapi jika belum tau atau belum bisa menjalankan UlaunchELF maka klik >> Instalasi UlaunchELF

Sebelum kita memulai pergantian atau pemasangan harddisk di PS2, terlebih dahulu kita memeriksa kondisi PS2-nya, apakah PS2 tersebut optiknya masih berfungsi dengan normal (minimal bisa membaca CD game backup), atau PS2 tersebut optiknya sudah tidak berfungsi lagi atau optiknya sudah dilepas.

Selanjutnya klik link dibawah ini sesuai dengan keadaan/kondisi PS2-nya.
Masih pingin pake harddisk khan bertanya

- PS2 dengan optik masih berfungsi (minimal bisa baca CD).
- PS2 dengan optik rusak atau tanpa optik.



PS2 dengan optik masih berfungsi

Jika PS2 masih mempunyai optik minimal masih bisa membaca CD game, maka penggunaan harddisk untuk main game pada PS2 tersebut bisa kita lakukan dengan beberapa cara diantaranya:

- Menggunakan CD Booting.
- Menggunakan MC Booting.
- Menggunakan Modchip tertentu untuk membantu menjalankan file booting.



PS2 dengan optik rusak atau tanpa optik

Jika PS2 sudah rusak optiknya atau optiknya sudah dilepas, maka penggunaan harddisk untuk main game pada PS2 tersebut bisa kita lakukan dengan beberapa cara diantaranya:

- Menggunakan MC Booting.
- Menggunakan Modchip tertentu untuk membantu menjalankan file booting.


Menggunakan CD Booting

Jika memilih menggunakan CD Booting, maka langka-langka penggunaan harddisk untuk main game di PS2 tebal sebagai berikut:
Burning salasatu file booting di CD, dan sala satu software booting yaitu HDloader sudah perna saya bahas caranya disini, dan membuat file booting yang sifatnya umum bisa coba baca-baca disini
Tip Burning CD/DVD
CD/DVD terdiri dari dua jenis yaitu CD-R/DVD-R dan CD+R/DVD+R.
Sebaiknya menggunakan keping CD+R/DVD+R untuk burning data buat tujuan penggunaan pada PS2, karena sebagian software burning mendukung otomatis memburning image ke booktype CD ROM/DVD ROM jika menggunakan keping CD+R/DVD+R, dan hampir semua modchip PS2 mendukung atau bisa membaca format booktype CD ROM/DVD ROM.
Penyalahgunaan CD/DVD Backup atau kopian diluar tanggung jawab Satriogame... just sharing ajatwink 
Jika sudah bisa membuat dan menjalankan software bootingnya, kemudian kita lanjutkan ke cara instal game keharddisknya



Menggunakan MC Booting

Jika memilih menggunakan MC Booting, maka tentunya teman-teman harus menyediakan Memory card PS2 minimal 8mb, dimana memorycard PS2 ini nantinya yang akan kita instalkan atau simpan file bootingnya.
Pertama-tama yang harus kita lakukan adalah menginstalkan software Free MCBoot di memorycard PS2-nya.
Catatan :
Free MCBoot ini tidak bisa cuma dicopy saja antar memory yang sudah terinstal Free MCBoot, melainkan setiap memorycard harus diinstalkan Free MCBoot ini baru bisa berjalan sebagaimana mestinya.
Cara menginstal dan download software Free MCBootnya sudah pernah saya bahas diblog ini, bagi yang belum tahu cara menginstal softwarenya, teman-teman bisa coba-coba baca disini.
Bisa juga teman-teman baca-baca disini.
Sementara untuk mengatur setting Free MCBootnya bisa teman-teman baca disini.

Setelah MC Booting berhasil kita buat dan jalan normal di PS2-nya sesuai dengan yang kita harapkan, maka kita lanjutkan ke instalasi game pada harddisk-nya.



Menggunakan Modchip tertentu

Jika memilih menggunakan modchip atau chip tempelan, maka yang pertama-tama yang harus teman sediakan selain dari PS2-nya sendiri adalah modchipnya.
Modchip yang kita gunakan dan banyak beredar ditempat kita dikenal atau bernama chip Modbo dan Matrix. Dan tentunya apapun pilihan chip yang akan kita gunakan harus kita pasang pada motherboard PS2-nya, yang artinya disini teman-teman setidaknya punya sedikit keberanian untuk membongkar casing PS2-nya sekaligus memasang chip-nya pada board PS2.
Cara memasang modchip tersebut sudah pernah saya bahas diblog ini, teman-teman bisa coba membacanya disini.

Selanjutnya kita mengatur setting modchipnya dengan cara nyalakan PS2 yang sudah kita pasangi modchip kemudian tekan tombol dan tahan Segitiga+Linkaran (stik) sampai masuk dimenu konfigurasi chip,
Selanjutnya atur untuk Boot Mode = DEV2, sementara untuk setting yang lain tinggal sesuaikan dengan kebutuhan (saran = engga usah diubah).
Setelah itu simpan settingan modchip dengan menekan START
Setelah berfungsi dengan normal, maka langka selanjutnya adalah, menginstal file booting pada harddisk-nya.



Cara Menginstal File Booting ke Harddisk

Untuk menginstal file booting ke harddisk sudah pernah saya bahas diantaranya disini.
Saya sarankan menggunakan software installer DEV2 Installer (DEV2i) untuk menginstal file booting yang akan kita gunakan, karena dengan menggunakan software DEV2i ini hasilnya lebih terjamin dan kemungkinan error lebih kecil jika dibandingkan dengan menggunakansoftware yang lain.
Intinya jika menggunakan software DEV2i adalah, kita tinggal tempatkan dalam satu folder software DEV2i beserta dengan file yang akan kita instal keharddisknya yang kita rename/ubah namanya menjadi BOOT.ELF.
Umpamanya jika HDLoader.ELF kita mau instal, maka HDLoader.ELF kita ubah dulu namanya menjadi BOOT.ELF dan tempatkan bersama dengan DEV2i dalam folder yang sama.
Begitu juga jika OPL.ELF yang ingin kita instal, maka OPL.ELF kita ubah dulu namanya menjadi BOOT.ELF dan tempatkan bersama dengan DEV2i dalam folder yang sama.

Jadi sekali lagi, apapun yang ingin kita instal keharddisknya, maka terlebih dahulu kita ubah namanya dengan BOOT.ELF, baru setelah itu tempatkan bersama dengan software installernya (DEV2i).

Jika booting sudah berhasil kita instal, maka langka selanjutnya adalah menginstal game keharddisknya.



Cara Instal Game ke Harddisk

Untuk cara menginstal game keharddisk PS2 sudah pernah saya bahas diblog ini, bagi teman yang belum tahu cara instal game keharddisk PS2, silahkan coba-coba baca disini dan lanjutannya disini Bisa juga coba-coba baca yang disini.
Sementara jika ingin menginstal game tanpa bongkar harddisk dari PS2-nya, bisa teman coba-coba baca disini buat booting HDLoader dan disini buat booting OPL
Setelah tidak ada lagi game yang ingin diinstal ke harddisk-nya, selanjutnya pasang kembali harddisk di PS2




Cara Pasang Harddisk di PS2

Untuk cara pasang atau cara menghubungkan harddisk dengan PS2 sudah pernah saya bahas diblog ini, bagi yang ingin membacanya silahkan klik disini.
Setelah semuanya sudah terpasang dengan baik, tinggal hubungkan PS2 dengan TV lewat kabel AV-nya, Pasang stik/controller game dan....

Bagi yang menggunakan CD Booting,
  • On kan PS2,
  • Masukkan CD Booting di PS2,
  • Tekan power dan tunggu hingga CD berhasil dibaca oleh PS2 dengan tanda logo Playstation 2 muncul dilayar TV, dan setelah itu booting akan mendeteksi harddisk sekaligus membaca dan menampilkan judul-judul game yang ada diharddisk-nya,
  • Pilih judul game dan...mainkan.
Bagi yang menggunakan MC Booting,
  • Masukkan MC Bootingnya di slot memory,
  • Kemudian On kan PS2 dan tekan tombol power,
  • Tunggu sampai free mcboot berhasil dijalankan oleh PS2,
  • Pilih menu booting yang kita gunakan, dan setelah itu booting akan mendeteksi harddisk sekaligus membaca dan menampilkan judul-judul game yang ada diharddisk-nya,
  • Pilih judul game dan...mainkan.
Bagi yang menggunakan Modchip Modbo atau Matrix,
  • On kan Ps2,
  • Kemudian tekan tombol power, setelah itu logo chip akan muncul dilayar TV (jika settingnya di on-kan), dan sekaligus menjalankan file booting yang tersimpan diharddisk yang kemudian membaca dan menampilkan judul-judul game yang ada diharddisk-nya.
  • Pilih judul game dan...mainkan.


Instalasi UlaunchELF

Untuk instalasi UlaunchELF sudah pernah saya bahas disini
Untuk mempermudah dalam instalasi UlaunchELF, maka PS2-nya harus masih mempunyai optik yang berfungsi (minimal bisa baca CD), tapi jika PS2-nya sudah rusak optiknya, maka kita harus mempunyai PS2 cadangan yang masih mempunyai optik berfungsi untuk kita gunakan menjalankan UlaunchELF.
Atau bisa juga kita gunakan bantuan PS2 yang sudah pake harddisk dimana UlaunchELF kita instal terlebih dahulu diharddisk PS2-nya, dan setelah itu menjalankan UlaunchELF dari menu game bootloader dari PS2 cadangan yang sudah pake harddisk tersebut, dan setelah itu kita buat MC Booting yang isinya adalah UlaunchELF. Dan nanti MC Booting UlaunchELF tersebut kita gunakan pada PS2 yang sudah rusak optiknya dan ingin kita pasangi harddisk.

Jika sudah bisa membuat MC Booting, maka teman-teman lewati tulisan saya dibawah ini dan lanjutkan ketahap proses pemasangan harddisk selanjutnya.

Komentar

Postingan Populer